Revenue Optimalization Through Customer Relationship And Cost Structure Automation Design At PT Adi Sarana Armada Tbk Logistics Unit

Maulana, Riki and Andria, Fredi and Salmah, Salmah (2024) Revenue Optimalization Through Customer Relationship And Cost Structure Automation Design At PT Adi Sarana Armada Tbk Logistics Unit. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Riki Maulana_021120340_Skripsi MBKM Magang.pdf

Download (4MB)

Abstract

RIKI MAULANA. 021120340. Revenue Optimalization Through Customer Relationship And Cost Structure Automation Design At PT Adi Sarana Armada Tbk Logistics Unit. Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan SALMAH. 2024. Transportasi sangat vital dalam suatu kegiatan perekonomian pada suatu negara. memegang peranan sangat penting dalam dunia industri. Dunia industri yang berkaitan dengan transportasi adalah logistik yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian aliran yang efisien dan efektif dari barang atau jasa dan informasi terkait mulai dari titik asal sampai titik penggunaan untuk memenuhi keperluan pelanggan. PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa transportasi terbesar di Indonesia. Unit bisnis di ASSA salah satunya yaitu Logistik dengan pengiriman menggunakan trucking. Metode pelaksanaan dalam laporan magang ini yaitu pra-magang, pembekalan, orientasi, on job training (OJT), dan evaluasi. Tujuan dari pembuatan laporan ini yaitu memberikan improvement terkait perhitungan harga dan memberikan improvement terkait maintain customer relationship. Kegiatan magang ditempatkan pada posisi divisi Sales dengan jabatan Sales Executive serta memiliki job desk sebagai Account Executive. Permasalahan yang dihadapi pada saat mengikuti magang yaitu, kendala dalam pemahaman mengenai flow process business logistics, adaptasi lingkungan kerja, beban kerja, brief pelanggan, dokumen tender, proses perhitungan harga, serta menjaga hubungan dengan pelanggan. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, didapat solusi untuk memecahkan berbagai permasalahan tersebut. Kemudian proses tahap selanjutnya dari solusi permasalahan tersebut, yaitu customer relationship dan cost structure automation design yang berasal dari berbagai activity dan project yang telah dikerjakan. Kata kunci : logistik, perhitungan harga, customer relationship, trucking

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:15
Last Modified: 23 Sep 2024 02:15
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8157

Actions (login required)

View Item View Item