Penguatan Kemampuan Pemasaran UMKM Kencana Kota Bogor Berbasis Market Orietation and Digital Platform Capability Menggunakan Data Mining

Irpan Iskandar, Ade and Andria, Fredi and Salmah, Salmah (2024) Penguatan Kemampuan Pemasaran UMKM Kencana Kota Bogor Berbasis Market Orietation and Digital Platform Capability Menggunakan Data Mining. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI-ADE IRPAN ISKANDAR FIX.pdf

Download (5MB)

Abstract

ADE IRPAN ISKANDAR. 021120256. Penguatan Kemampuan Pemasaran UMKM Kencana Kota Bogor Berbasis Market Orietation and Digital Platform Capability Menggunakan Data Mining. FREDI ANDRIA dan SALMAH. 2024. Konsep pemasaran secara digital atau platform digital dan orientasi pasar telah di implementasikan di Indonesia. Begitupun dengan penerapan konsep ini pada skala UMKM, salah satunya Kelurahan Kencana Kota Bogor yang memiliki potensi yang cukup tinggi dengan beragam produk hasil UMKM. Namun terdapat kendala dan tantangan yang berdampak dengan kurang optimalnya kemampuan pemasaran UMKM Kelurahan Kencana, seperti halnya kurangnya pemahaman terkait pemasaran digital, keterbatasan dalam pengembangan SDM, pemetaan target pasar yang belum jelas, serta penggunaan teknologi digital yang belum merata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data mining metode clustering menggunakan algoritma K-Means dengan pemrograman Orange, dan analisis kualitatif NVivo. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengidentifikasi bentuk dan Optimalisasi penggunaan platform digital yang digunakan oleh UMKM Kelurahan Kencana (2) Untuk menganalisis orientasi pasar yang berhubungan dengan segmentasi, target, dan posisi UMKM kelurahan Kencana (3) Untuk menganalisis dan menguraikan strategi penguatan pemasaran melalui orientasi pasar dan digital platform pada sektor UMKM kelurahan Kencana. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Hasil penelitian dengan metode clustering menunjukkan bahwa terdapat tiga klaster berdasarkan kemiripan data baik dalam optimalisasi penggunaan platform digital maupun strategi orientasi pasar UMKM; serta hasil analisis kualitatif NVivo didapatkan bahwa dari berbagai potensi dan kendala yang ada, maka strategi dalam penguatan kapasitas pemasaran UMKM kencana ialah dengan pemantapan konsep dasar strategi segmenting, targeting, dan positioning, pengoptimalan platform digital melalui penerapan search engine optimization dan konten marketing, serta memperluas pemakain platform digital ke e-commerce dan diharapkan adanya berbagai pihak yang terlibat pada pengembangan UMKM Kelurahan Kencana. Kata Kunci : Strategi Penguatan Kapasitas Pemasaran, Orientasi Pasar, Platform Digital

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:14
Last Modified: 23 Sep 2024 04:14
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8170

Actions (login required)

View Item View Item