Analisis Gaya Belajar Pada Siswa Tunanetra

Siahaan, Rolenta Dwinata (2021) Analisis Gaya Belajar Pada Siswa Tunanetra. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Rolenta.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rolenta Dwinata Siahaan, 037116074, Analisis Gaya Belajar Pada Siswa Tunanetra. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2021. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah gaya belajar auditori efektif dalam pembelajaran siswa tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data kemudain verifikasi (penarikan kesimpulan). Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa kelas V yang mengalami gangguan penglihatan atau biasa disebut dengan tunanetra. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Gaya belajar yang digunakan oleh siswa tunanetra menggunakan gaya belajar auditori. Perkembangan yang dialami oleh subjek yaitu subjek memiliki konsentrasi yang baik dan mampu mengenal keadaan disekitarnya. (2) Gaya belajar siswa tunanetra juga menggunakan gaya belajar kinestetik atau dikenal dengan gaya belajar yang mengharuskan siswa untuk menyentuh sesuatu yang bertujuan supaya siswa dapat mengingatnya sehingga mampu mengenal dan membedakan beberapa jenis bentuk. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa gaya belajar auditori dan kinestetik sangat efisien bagi proses belajar siswa tunanetra . Kata kunci : Tunantera, Gaya Belajar, Auditori, Kinestetik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:20
Last Modified: 02 Oct 2024 04:20
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8288

Actions (login required)

View Item View Item