Wita, Purnamasari (2016) PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Wita Purnamasari.pdf Download (941kB) |
Abstract
Wita Purnamasari: “Penerapan Model Think Talk Write (TTW) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Bogor”. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor,2016. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui efektipitas penggunaan model Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bogor dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi serta untuk mengetahui kendalakendala yang dialami siswa ketika menulis karangan narasi dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan mengambil sampel kelas VIII-F sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dengan teknik Think Pair Share (TPS). Hipotesis yang pertama dengan terbukti kebenaranya, bahwa penggunaan model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan tes yang dilakukan di kelas eksperimen, diperoleh hasil prates bahwa siswa mempunyai kemampuan yang cukup mampu dengan nilai rata-rata 56 atau ditingkatkan kemampuan 60% dan pada kelas kontrol prates, di peroleh hasil kurang mampu, dengan nilai rata-rata 41,88 atau pada tingkat kemampuan 42 Hasil postes pada kelas eksperimen diperoleh hasil bahwa siswa mempunyai kemampuan cukup mampu dengan nilai rata-rata 91,31 atau ditingkatkan kemampuan 90% dan pada kelas kontrol, diperoleh hasil cukup mampu dengan nilai rata-rata 71,38 atau ditingkat kemampuan 83%. Hal ini menunjukan bahwa tes mengalami perbedaan antara nilai hasil tes sebelum dan sesudah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa pada kelas VIII SMP Negeri 9 Bogor. Hipotesis kedua juga terbukti kebenarannya, bahwa siswa mengalami kendala dalam model Think Talk Write (TTW). Hal tersebut terbukti berdasarkan hasil analisis angket, 15 siswa (46,8%) mengalami kendala mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) 15 siswa (46,8%) mengalami kendala dalam menulis karangan narasi. Kata kunci: Menulis Karangan Narasi, Model Think Talk Write (TTW).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 02:19 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 02:19 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8842 |
Actions (login required)
View Item |