PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN VARIASI TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BOGOR

WIDYA, ANJANI (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN VARIASI TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Widya Anjani 032120006.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Widya Anjani. 032120006. Penerapan Model Problem Based Learning dengan variasi Teams Games Tournament dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Surat Pribadi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bogor. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Dr. H. Aam Nurjaman, M.Pd. dan Wildan Fauzi Mubarock, M.Pd. Model Problem Based Learning dengan variasi Teams Games Tournament merupakan variasi model pembelajaran yang menuntut siswa untuk dapat menyelesaikan masalah secara bersama melalui permainan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dengan variasi Teams Games Tournament dalam meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bogor, serta untuk mengetahui kendala siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 251 dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 72, yaitu 36 siswa kelas VII-A (eksperimen) dan 36 siswa kelas VII-B (kontrol). Adapun Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama mengenai penerapan model Problem Based Learning dengan variasi Teams Games Tournament dapat meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi dapat dibuktikan kebenarannya. Hal ini dilihat dari hasil pretest kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata 56,63 atau 57% berada pada tingkat penguasaan kurang, sedangkan pada hasil posttest nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat menjadi 91,61 atau 92% dengan tingkat penguasaan sangat baik. Hipotesis kedua, yaitu mengenai kendala siswa saat menulis surat pribadi terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis data angket, secara umum siswa mengalami kendala ketika menulis bagian isi surat pribadi berjumlah 17 atau 47%. Demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan variasi Teams Games Tournament dapat meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bogor, meskipun pada saat membuat surat pribadi siswa mengalami kendala. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Model Teams Games Tournament, Keterampilan Menulis, Surat Pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 16 Jan 2025 02:47
Last Modified: 16 Jan 2025 02:47
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8874

Actions (login required)

View Item View Item