PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA AL-HADIID CILEUNGSI BOGOR

Siti, Patimah (2022) PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA AL-HADIID CILEUNGSI BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Siti Patimah .pdf

Download (1MB)

Abstract

Siti Patimah 2022 : Penggunaan Model Example non Example dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA AlHadiid Cileungsi Bogor. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran example non example dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot dan mengetahui kendala siswa kelas X SMA Al-Hadiid Cileungsi Bogor dalam menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran example non example. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al-Hadiid Cileungsi Bogor, dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 yang juga berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran example non example mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen pada prettest adalah 66 atau 61% dan posttestnya mengalami peningkatan menjadi 75,18 atau 81 %. Berbeda dengan nilai di kelas kontrol, nilai prettestnya adalah 60,73 atau 75% dan nilai posttestnya 61,4 atau 56%. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan membandingkan hasil pembelajaran di kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan rumus t-tes, diperoleh harga to 0,01 = 1,05 dan harga to 0,05 = 10,62. Dengan demikian, thitung jauh lebih besar dari pada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung, yaitu 1,05 < 5,48> 10,62. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dari hasil angket menunjukkan bahwa siswa kelas X SMA Al-hadiid Cileungsi Bogor, separuh dari siswa mengalami kendala menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran example non example dan separuh siswa lagi tidak mengalami kendala. Dari 34 siswa yang menjadi responden, 13 responden atau 38% responden menjawab mengalami kendala dan 21 responden atau 62% responden mengatakan tidak mengalami kendala salam memproduksi teks anekdot menggunakan model example non example. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Teks Anekdot, Model Example non Example

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 20 Jan 2025 03:07
Last Modified: 20 Jan 2025 03:07
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8928

Actions (login required)

View Item View Item