Timang, Aldo and Satory, Agus and Mega Wijaya, Mustika (2024) Perlindungan Hukum Terhadap Para Pihak Dalam Pelaksanaan Jual Beli Mobil Bekas (Diteliti Di Showroom Felice Mobilindo Bogor). Skripsi thesis, Universitas pakuan.
![]() |
Text
Cover Aldo Timang.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan Aldo Timang.pdf Download (692kB) |
![]() |
Text
Daftat Pustaka Aldo Timang.pdf Download (1MB) |
Abstract
Jual beli melahirkan kewajiban secara timbal balik kepada para pihak yang membuat perjanjian (jual beli) tersebut. Kegiatan jual beli mobil bekas tentu diawali dengan kesepakatan antara kedua belah pihak. Namun dalam kasus jual beli mobil bekas, beberapa konsumen merasa dirugikan dengan masalah yang timbul setelah membeli mobil bekas tersebut. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah perlindungan hukum terhadap para pihak dalam pelaksanaan jual beli mobil bekas?, Bagaimanakah pelaksanaan jual beli mobil bekas di showroom Felice Mobilindo Bogor? dan permasalahan apakah yang timbul dalam pelaksanaan jual beli mobil bekas di showroom Felice Mobilindo Bogor dan bagaimanakah upaya penyelesaiannya? Sifat penulisan hukum ini adalah deskriptif analitis dengan jenis penelitian normatif yang didukung data empiris, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research), serta pengolahan data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap para pihak dalam pelaksanaan jual beli mobil bekas meliputi perlindungan hukum preventif dan perlindungan hukum represif. Perlindungan hukum preventif untuk showroom mobil dalam jual beli mobil bekas adalah penting untuk menghindari masalah hukum di kemudian hari. Pelaksanaan jual beli mobil bekas di showroom Felice Mobilindo Bogor dilakukan secara konvensional dan melalui instagram. Beberapa permasalahan yang dialami showroom Felice Mobilindo Bogor dan upaya penyelesaiannya, meliputi kondisi mobil yang tidak memadai, sebagai upaya penyelesaian, showroom melakukan pemeriksaan menyeluruh pada kendaraan dan melakukan perbaikan yang diperlukan sebelum menjualnya; harga yang tidak kompetitif, sebagai upaya penyelesaiannya showroom melakukan riset pasar untuk menentukan harga yang kompetitif berdasarkan kondisi mobil dan harga pasar saat ini; masalah dalam proses pembayaran, sebagai upaya penyelesaiannya, showroom menggunakan metode pembayaran yang aman dan terpercaya; masalah dengan garansi dan klaim perbaikan, sebagai upaya penyelesaiannya, showroom menjelaskan syarat dan ketentuan garansi kepada konsumen sebelum transaksi, serta tuntutan hukum atau keluhan dari konsumen, sebagai upaya penyelesaiannya, showroom menyimpan semua dokumentasi transaksi dan komunikasi dengan konsumen. Sedangkan beberapa permasalahan yang dialami konsumen dan upaya penyelesaiannya, meliputi kondisi mobil tidak sesuai deskripsi, upaya penyelesaiannya dilakukan konsumen dengan pemeriksaan menyeluruh dan dokumentasikan perbedaan kondisi mobil dibandingkan deskripsi dan mengajukan keluhan resmi kepada showroom dan meminta perbaikan atau kompensasi; dokumentasi tidak lengkap, upaya penyelesaiannya, yaitu konsumen dapat menghubungi showroom untuk meminta dokumentasi yang diperlukan; klaim garansi, upaya penyelesaian, yaitu konsumen memeriksa syarat dan ketentuan garansi yang diberikan saat konsumenan; masalah legalitas, upaya penyelesaiannya melalui verifikasi dokumen, menghubungi showroom, cek pajak dan administrasi, melaporkan ke pihak berwenang, dan klaim ke lembaga perlindungan konsumen; serta perbedaan perhitungan harga, sebagai upaya penyelesaiannya, konsumen memeriksa kembali detail harga yang tertera dalam dokumen konsumenan dan membandingkan dengan informasi yang diberikan oleh showroom.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Hukum > Hukum > Perlindungan Hukum Fakultas Hukum > Hukum Perdata > Jual Beli |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNPAK |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:12 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:12 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |