ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA Deskriptif dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tapos 3 Kota Depok Semester Genap Tahun Pealajaran 2020/2021

Hasan, Saputra (2021) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA Deskriptif dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tapos 3 Kota Depok Semester Genap Tahun Pealajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Hasan Saputra.pdf

Download (859kB)

Abstract

Hasan Saputra 037117034, Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini dilaksanakan dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Deskriptif. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor kesulitan belajar matematika serta mengetahui upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika. Subjek dalam penelitian ini merupakan enam peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tapos 3 Depok. Pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan juga pengumpulan data dan dokumentasi guna menunjang penelitian. kesulitan belajar matematika yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Secara faktor internal siswa meliputi sikap belajar siswa yang mempunyai sikap negatif tidak menyukai mata pelajaran matematika, motivasi belajar siswa yang hanya belajar pada saat ulangan matematika saja, dan kesehatan tubuh siswa yang merasakan pusing saat belajar matematika. Sedangkan faktor ekternal yaitu kurangnya variasi mengajar guru, sarana prasarana yang masih belum lengkap serta lingkungan keluarga yang belum maksimal dalam mendampingi belajar peserta didik. Upaya untuk mengatasi kesulitan belajar matematika telah dilaksanakan oleh guru, orang tua dan siswa. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa seperti menjelaskan materi lagi, apabila mengumpulkan tugas namun jawaban siswa belum benar maka guru menuliskan jawaban yang benar, apabila nilai dibawah KKM biasanya ada remedial namun pada kondisi seperti ini tidak ada hanya diadakan ketika pertemuan ofline saja. Sedangkan upaya orang tua yaitu mendampingi siswa dalam belajar, apabila orang tua tidak mengerti ada sebagian orang tua mencari di internet. Ada juga orang tua yang mendaftarkan anaknya mengikuti jam tambahan diluar jam sekolah namun dari enam siswa hanya satu orang siswa yang mengikuti pembelajaran tambahan diluar jam sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:34
Last Modified: 11 Mar 2025 06:34
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9331

Actions (login required)

View Item View Item