PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 3 SUBTEMA 3 (Penelitian Kausal Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negri Cibarusah Kota 03 Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Tessar, Galuh Saputra (2021) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 3 SUBTEMA 3 (Penelitian Kausal Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negri Cibarusah Kota 03 Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Tessar Galuh Saputra.pdf

Download (945kB)

Abstract

Tessar Galuh Saputra. 037116004. Pengaruh disiplin Belajar Terhadap Hasil belajar Tema 3 Subtema 3. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif melalui pendekatan kausal, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar tema 3 subtema 3. Penelitian ini dilakukan uji validitas instrument menggunakan rumus Person Pruduct Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpa Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A, IV B dan IV C Sekolah Dasar Negeri Cibarusah Kota 03 Cibarusah Kabupaten Bekasi yang dilakukan semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 105 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 51 peserta didik, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian Kuantitatif ini dilanjutkan dengan uji persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar tema 3 subtema 3, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien jalur (pxy) sebesar 0,64. Ini menunjukkan adanya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar tema 3 subtema 3, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,64 atau sebesar 40,96%. Hal ini berarti nilai pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar tema 3 subtema 3 sebesar 40,96%, melalui persamaan regresi Ŷ = (48,74 + 0,8). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar tema 3 subtema 3 peserta didik. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor disiplin belajar tema 3 subtema 3 adalah karena disiplin belajar peserta didik pada saat dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:34
Last Modified: 11 Mar 2025 06:34
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9334

Actions (login required)

View Item View Item