Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Lingkungan Sahabat Kita : Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas V A dan V B Sekolah Dasar Negeri Bogor Baru Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Adinda, Priyanka Dewi (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Lingkungan Sahabat Kita : Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas V A dan V B Sekolah Dasar Negeri Bogor Baru Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Adinda Priyanka Dewi .pdf

Download (1MB)

Abstract

Adinda Priyanka Dewi. 037117070. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Lingkungan Sahabat Kita. Sekolah Dasar Negeri Bogor Baru. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik dengan subtema Lingkungan Sahabat Kita. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Bogor Baru kelas 5A dan 5B pada bulan Februari semester genap tahun ajaran 2020/2021. Perhitungan N-Gain model Discovery Learning sebesar 77 dengan kriteria tinggi, dan N-Gain model konvensional sebesar 65 dengan kriteria tinggi. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Discovery Learning lebih besar dibandingkan kelas model konvensional. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji liliefors. Kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel pada kelompok kelas Discovery Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,089 ≤ 0,173, pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,073 ≤ 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena Fhitung ≤ F tabel, didapatkan nilai 1,43 ≤ 2,12. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 2,51 lebih besar dari ttabel sebesar 2,02108, Menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar subtema lingkungan sahabat kita melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:10
Last Modified: 21 Mar 2025 03:10
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9412

Actions (login required)

View Item View Item