Analisis Strategi Humas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor Dalam Mengelola Media Sosial Instagram @humaskonikotabogor

Ariyanto, Agung and Putro, Sasongko Soeharto and Muslim, Muslim and Aminuddin, Ahsani Taqwim and Firdaus, Dwi Rini Sovia (2024) Analisis Strategi Humas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor Dalam Mengelola Media Sosial Instagram @humaskonikotabogor. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya.

[img] Text
Agung Ariyanto_044120394 - Agung Ariyanto.pdf

Download (2MB)

Abstract

AGUNG ARIYANTO. 044120394. 2024. Analisis Strategi Humas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor Dalam Mengelola Media Sosial Instagram @humaskonikotabogor. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Dr Muslim dan Ahsani Taqwim Aminuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Humas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor Dalam Mengelola Media Sosial Instagram @humaskonikotabogor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor yang berlokasi di Jl. Pemuda No.2, RT.04/RW.01, Tanah Sareal, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16162. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh Humas KONI Kota Bogor dalam mengelola media sosial Instagram @humaskonikotabogor sudah berjalan dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan. Dari segi Context Humas KONI Kota Bogor sudah melakukan pengemasan pesan dalam bentuk gambar visual agar tampilan informasi yang disampaikan lebih menarik melalui postingan di Akun media sosial Instagram @humaskonikotabigor, dan semua proses yang dilakukan sudah berjalan dengan baik. Dari segi Communication komunikasi yang dilakukan oleh Humas KONI Kota Bogor belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Masih terdapat beberapa pesan atau komentar dari pengikut di postingan yang terabaikan atau tidak direspon. Dari segi Collaboration juga sudah berjalan dengan baik, Humas KONI Kota Bogor melakukan kolaborasi dengan pihak eksternal lainnya seperti atlet, atau akun Instagram instansi pemerintahan lainnya. Dari segi Connection telah dijalankan dengan baik. Humas KONI Kota Bogor secara aktif mengajak masyarakat sekitar untuk berpartisipasi dalam pembuatan konten video dalam beberapa postingan. Hal ini mendapatkan respon dan tanggapan yang baik oleh para pengikutnya. Dalam mengatasi hambatannya Humas KONI Kota Bogor telah melakukan segala upaya agar hambatan itu terselesaikan. Kesimpulannya secara keseluruhan strategi yang dilakukan oleh Humas KONI Kota Bogor dalam mengelola media sosial Instagram @humaskonikotabogor sudah berjalan dengan baik namun perlu dimaksimalkan dan ditingkatkan kembali. Hal ini berdasarkan identifikasi dari empat indikator teori 4C mengenai pengelolaan media sosial menurut Chris Heuer. Dari segi Communication masih terdapat beberapa pesan atau komentar dari pengikut di postingan yang terabaikan atau tidak direspon. kata kunci: instagram, media sosial, strategi humas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:25
Last Modified: 21 Mar 2025 03:25
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9476

Actions (login required)

View Item View Item