PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS SISWA SMA

Suryani, Suryani (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI SURYANI (036116046)_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

SURYANI. 036116046. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Siswa SMA. Skripsi. Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, M. S dan Suci Siti Lathifah, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning yang dapat dipasang di android, dan menguji efektivitas penggunaannya terhadap kemampuan menganalisis peserta didik materi ekosistem. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development, penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Cileungsi dari bulan Januari hingga Mei 2020. Sampel penelitian yaitu kelas IPA 6 sebagai kelas eksperimen. Kelas X IPA 6 belajar menggunakan multimedia interaktif di android. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model (4D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pelaksanaan uji coba lapangan menggunakan desain penelitian one group pretest-postest. Instrumen yang digunakan berupa tes (pre-test dan post-test), lembar angket check list, serta dokumentasi. Hasil penilaian menunjukan bahwa multimedia interaktif mendapat kategori sangat layak. Hal ini didasarkan pada persentase rata-rata penilaian dari tim validasi ahli yaitu 87%. Multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning pada android terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan menganalisis peserta didik , dengan nilai N-gain 68,02 termasuk kedalam kategori sedang dan hasil persentase kategori kemampuan menganalisis dengan nilai 82% baik dan 18% sangat baik. Dapat disimpulkan kelas X IPA 6 terdapat perbedaan hasil belajar dari menggunakan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning pada android

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 May 2025 01:51
Last Modified: 26 May 2025 01:51
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9608

Actions (login required)

View Item View Item