Nabila, Wihardini (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Digital Berbasis Articulate Storyline Pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia : Pendekatan Penelitian Research and Development pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cipayung 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
![]() |
Text
Nabila Wihardini .pdf Download (1MB) |
Abstract
Nabila Wihardini (037118102) Pengembangan Multimedia Interaktif Digital Berbasis Articulate Storyline Pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia Perkembangan teknologi yang semakin pesat di Indonesia, memungkinkan dunia pendidikan ikut melibatkan teknologi dalam pembelajaran, salah satunya dengan mengembangkan multimedia interaktif berbasis software Articulate Storyline sebagai alternatif media pembelajaran di sekolah. Pendekatan penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan dengan desain ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia di SD Negeri Cipayung 01. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi lembar validasi ahli media, bahasa, materi yang berjumlah enam orang, instrumen soal pre-test dan post-test dan kuesioner respon guru dan siswa untuk mengetahui persepsi sebelum dan sesudah menerapkan multimedia interaktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada Tema 9 Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia pembelajaran ke 5 memenuhi kriteria valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran di kelas IV tingkat Sekolah Dasar (SD). Produk hasil pengembangan multimedia interaktif dinyatakan layak dan mampu menarik perhatian siswa yang berpengaruh kepada penilaian kemampuan kognitifnya, hasil validasi oleh tiga orang dosen dan tiga orang guru kelas IV memperoleh rata-rata 97% dengan kriteria “Sangat Layak” diperkuat dengan perolehan skor N-Gain mencapai 0,75, dengan kategori “Tinggi”, demikian pula dengan hasil kuesioner respon siswa dan guru yang memperoleh hasil baik dengan persentase sebesar 93,1% untuk respon siswa dan 94% untuk respon guru yang keduanya tergolong klasifikasi “Sangat Layak” diterapkan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 06:50 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 06:50 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |