Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Solidarits Siswa : Penelitian Kualitatif Melalui Pendekatan Deskriptif Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 5 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025

Shofa, Nadya (2025) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Solidarits Siswa : Penelitian Kualitatif Melalui Pendekatan Deskriptif Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 5 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI_SHOFA_NADYA_037121075_FINAL_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Shofa Nadya. 037121075. Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Solidaritas Siswa. Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2025. Penelitian ini mendeskripsikan tentang Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Solidaritas Siswa, subjek penelitian ini adalah 4 orang siswa yang belum mampu menanamkan nilai-nilai seperti tolong-menolong, toleransi, kerja sama, dan tanggung jawab di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 5 Kota Depok. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2024-2025. RAP, MR, MA dan DA sebagai subjek penelitian. Hasil dari penelitian yang dilakukan melalui observasi, wawancara dengan subjek, wali kelas, guru agama dan orang tua menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum menunjukkan perkembangan positif dalam penerapan nilai- nilai keagamaan yang membentuk sikap solidaritas, masih terdapat tantangan berupa individualisme dan rendahnya kepedulian sosial pada sebagian siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi tersebut meliputi peran guru, lingkungan keluarga, lingkungan sekitar serta budaya sekolah yang religius. Penelitian ini menekankan pentingnya sinergi antara pembelajaran agama, keteladanan guru, dan keterlibatan orang tua dalam menumbuhkan sikap solidaritas sejak usia dini. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Agama Islam, Solidaritas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 17 Oct 2025 03:40
Last Modified: 17 Oct 2025 03:40
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/10074

Actions (login required)

View Item View Item