Perbedaan Model Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika : Penelitian Kuantitatif Melalui Eksperimen Kuasi Desain 3 Grup Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Julang Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023

Anugrah, Ronansa Ananda (2023) Perbedaan Model Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika : Penelitian Kuantitatif Melalui Eksperimen Kuasi Desain 3 Grup Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Julang Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Anugrah Ronansa Ananda 037119070-1-6.pdf

Download (811kB)

Abstract

Anugrah Ronansa Ananda, 037119070. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2023. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen desain tiga grup. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar model Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Konvensional terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Julang Kota Bogor pada semester dua tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan merupakan eksperimen kuasi desain tiga grup. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V SDN Julang Kota Bogor dengan jumlah peserta didik 75 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai April semester genap. Pengumpulan data yang dilakukan untuk mendapatkan hasil belajar atau N-gain diperoleh dengan menggunakan pretest dan posttest. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji lilliefors ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,025 ≤ 0,173, pada kelompok kelas Project Based Learning di dapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,005 ≤ 0,173, dan pada kelompok kelas kontrol di dapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,052 ≤ 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena lebih kecil dari X2tabel, didapatkan nilai 0,731 ≤ 5,991. Selanjutnya pada uji hipotesis didaptkan thitung sebesar 5,31 lebih besar dari ttabel sebesar 2,0`603, menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Konvensional pada siswa kelas V SDN Julang Kota Bogor. Kata Kunci: Project Based Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 17 Oct 2025 03:41
Last Modified: 17 Oct 2025 03:41
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/10101

Actions (login required)

View Item View Item