Aldila, Chika Heryanti (2025) Pengembangan E-LPKD Menggunakan Liveworksheet Pada Materi Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia : Pendekatan Penelitian Research and Development (R&D) Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tunggilis Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
|
Text
ALDILA CHIKA HERYANTI 037121008-1-8.pdf Download (841kB) |
Abstract
Aldila Chika Heryanti (037121008) Pengembangan E-LKPD menggunakan Liveworksheet pada materi jenis-jenis kebutuhan manusia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan dan implementasi E-LKPD menggunakan Liveworksheet pada materi jenis-jenis kebutuhan manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Tunggilis. Subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV-3 yang terdiri dari 33 peserta didik. Penelitian ini diawali dengan tahap analisis kebutuhan dan kurikulum melalui kegiatan observasi dan wawancara, mendesain E-LKPD sesuai dengan capaian dan tujuan pembelajaran serta kebutuhan peserta didik. Kemudian, melakukan pengembangan E-LKPD dengan uji validasi produk E-LKPD, mengimplementasikan produk E-LKPD kepada peserta didik dan melakukan evaluasi terhadap E-LKPD yang diimplementasikan dengan menghitung hasil angket respon peserta didik dan guru. Uji validasi produk E-LKPD dilakukan dengan para ahli yang terdiri dari ahli media, ahli bahasa dan ahli materi. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa E-LKPD menggunakan Liveworksheet ini memperoleh persentase validasi ahli media sebesar 96%, ahli bahasa 98%, ahli materi 92% dan ahli materi dengan validator guru 100%. Hasil angket respon peserta didik memperoleh persentase 81,51% dan hasil angket respon guru memperoleh persentase 98% dengan kategori sangat baik. Hasil post-test yang dilakukan, memperoleh nilai rata-rata 80 dan dapat mencapai batas nilai KKTP mata pelajaran IPAS sebesar 77 persentase peserta didik dengan nilai mencapai batas KKTP yaitu 60,61% dan persentase peserta didik dengan nilai tidak mencapai batas KKTP 39,39%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD menggunakan Liveworksheet layak digunakan oleh peserta didik kelas IV dalam proses pembelajaran dan dapat membantu meningkatkan pemahaman peserta didik melalui peran aktifnya dalam belajar. Kata kunci: E-LKPD, Liveworksheet, pemahaman, belajar
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
| Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 03:41 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 03:41 |
| URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/10113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

