Aisyah, Firli Aulia (2025) Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay pada Materi Menghargai Perbedaan dan Keberagaman di Lingkungan Sekitar : Pendekatan Reserch and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV MI Annuriyah Plus Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
|
Text
Aisyah Firli Aulia.pdf Download (1MB) |
Abstract
Aisyah Firli Aulia 037121010. Pengembangan evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay pada Materi Menghargai Perbedaan dan Keberagaman Di Lingkungan Sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasil produk evaluasi pembelajaran menggunakan Educaplay pada materi mengghargai perbedaan dan keberagaman di lingkungan sekitar di kelas IV MI Annuriyah Plus dengan jumlah 19 peserta didik. pengembangan produk ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini dilakukan uji validasi beberapa ahli yaitu ahli media, ahli bahasa, ahli assessment, dan ahli materi. Hasil validasi akhir oleh ahli media mendapatkan persentase 94% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi akhir oleh ahli bahasa mendapatkan persentase 95% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi ahli assessment mendapatkan 91,4% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi ahli materi mendapatkan 96% dengan kriteria sangat layak. Untuk nilai rata-rata N-Gain hasil belajar mendapatkan 0,8 dengan kriteria tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran menggunakan Educaplay pada materi mengghargai perbedaan dan keberagaman di lingkungan sangat layak dikembangkan serta efektif dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Educaplay, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
| Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
| Date Deposited: | 04 Sep 2025 01:51 |
| Last Modified: | 04 Sep 2025 01:51 |
| URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

