PENGEMBANGAN LKPD DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI EDUCANDY PADA TOPIK “SEPERTI APA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DAHULU” DI SEKOLAH DASAR Pendekatan Research and Development (RnD) Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Kebon Pedes Tahun Pelajaran 2024/2025

A’Shoka, Najma Tazkia (2025) PENGEMBANGAN LKPD DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI EDUCANDY PADA TOPIK “SEPERTI APA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DAHULU” DI SEKOLAH DASAR Pendekatan Research and Development (RnD) Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Kebon Pedes Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
A Shoka full text.pdf

Download (249kB)

Abstract

A’Shoka Najma Tazkia 037121047. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dan mengetahui kelayakan LKPD Digital menggunakan aplikasi Educandy pada topik seperti apa daerah tempat tinggalku dahulu kelas IV SDN Kebon Pedes 3 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Perbaikan dalam produk LKPD Digital menggunakan aplikasi Educandy pada topik seperti apa daerah tempat tinggalku dahulu yang dilakukan dengan uji validasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil validasi yang diperoleh ialah nilai validasi akhir dari ahli media sebesar 100% dengan artian sangat layak untuk digunakan, hasil validasi akhir dari ahli bahasa sebesar 94% dengan artian sangat layak digunakan, dan hasil validasi akhir dari ahli materi sebesar 92% dengan artian sangat layak digunakan. Hasil dari uji coba terhadap 28 peserta didik kelas IV diperoleh hasil bahwa pengembangan LKPD Digital menggunakan aplikasi Educandy pada topik seperti apa daerah tempat tinggalku dahulu memiliki nilai sebesar 88% dengan artian sangat layak digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran dan hasil respon guru sebesar 92% dengan artian sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dinyatakan sangat valid oleh ketiga validator dengan perolehan nilai 94% dari ahli bahasa, 100% dari ahli media, dan 92% dari ahli materi, dan memperoleh nilai kepraktisan yaitu 88% dari respon peserta didik dan 92% dari respon guru kelas IV. Kata Kunci: Pengembangan, LKPD Digital, Educandy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 15 Sep 2025 07:26
Last Modified: 15 Sep 2025 07:26
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9900

Actions (login required)

View Item View Item