Tigor, Yudianto (2022) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas IV SD Negeri Citaringgul 06 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Full text not available from this repository.Abstract
Tigor Yudianto 037117188. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika materi stastistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Citaringgul 06 Kabupaten Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Citaringgul 06 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 73 siswa, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukan nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 72, sedangkan kelompok kelas kontrol sebesar 46. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 84% sedangkan kelompok kelas kontrol sebesar 49%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (6,67179) > ttabel (1,99394). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Discovey Learning Terhadap Hasil Belajar Matematikan materi statistika”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Matematika
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
| Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 05:26 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 05:26 |
| URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

