Marshella, Addleia Supriyatna (2025) Pengembangan Video Animasi Berbantuan Doratoon pada Materi Sumber Energi di Sekitar Kita : Pendekatan Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Negri Polisi 5 Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
|
Text
2025_SKRIPSI_Marshella Addleia Supriyatna_037121127-1-129_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Marshella Addleia Supriyatna , 037121127, Pengembangan video animasi berbantuan doratoon pada materi sumber energi di sekitar kita. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi berbantuan doratoon pada materi sumber energi di sekitar kita di kelas III SDN Polisi 5 Bogor dengan jumlah 29 peserta didik. Pengembangan produk ini emenggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini dilakukan uji validasi beberapa ahli yaitu ahli media, ahli bahasa dan ahli materi. Hasil validasi akhir oleh media mendapatkan presentase 100% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi akhir oleh ahli bahasa mendapatkan presentase 100% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi ahli materi dosen mendapatkan presentase 90% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi oleh ahli materi guru mendapatkan presentase 100% dengan kriteria sangat layak. Untuk nilai rata–rata N-Gain hasil belajar mendpatkan 0,78 dengan kriteria tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa video animasi berbantuan doratoon pada materi sumber energi di sekitar kita sangat layak dikembangkan serta efektif dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Doratoon, Video Animasi, Pengembangan
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
| Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 04:51 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 04:51 |
| URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

