IRFAN, MAULANA (2023) Penggunaan Media Iklan dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Persuasif Pada Siswa Kelas VIII SMP Bina Sejahtera Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
|
Text
Skripsi irfan Tamat (1)-1-154_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
rfan Maulana. 032119055. Penggunaan Media Iklan dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Persuasif Pada Siswa Kelas VIII SMP Bina Sejahtera Kota Bogor. Penggunaan Media Iklan dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Persuasif Pada Siswa Kelas VIII SMP Bina Sejahtera Kota Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Wildan Fauzi Mubarock, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media iklan dalam meningkatkan keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Bina Sejahtera Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, tes, angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII Bina Sejahtera Kota Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hipotesis pertama yaitu penerapan media video iklan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII Bina Sejahtera. Hipotesis pertama teruji kebenarannya, hal tersebut dibuktikan dengan data prates kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas, yaitu 57 berada pada tingkat penguasaan kurang mampu. Untuk nilai postes eksperimen mencapai nilai rata-rata 81 berada pada tingkat penguasaan mampu. Kemudian dilihat pula dari perhitungan mean diperoleh angka thitung 2,8 dengan hasil d.b 66. Dilakukan uji pada tabel “t” bahwa nilai d.b = 66 diperoleh dengan t0,025 = 2,65 dan t0,005 = 1,99.,. Dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau thitung signifikan yaitu 1,99<,<2,8>2,65. Hipotesis kedua dapat teruji kebenarannya, bahwa siswa masih mengalami kendala dalam menulis teks persuasi. Terdapat beberapa kendala yang dialami siswa diantaranya yaitu kendala dalam menuangkan gagasan dan pikiran kedalam bentuk tulisan, kendala pada saat membuat pengenalan isu, kendala pada saat membuat argumen kendala dalam membuat penegasan kembali, terakhir kendala pada menentukan kaidah kebahasaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media iklan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII Bina Sejahtera Kota Bogor. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Media Iklan, Teks Persuasi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA |
| Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 05:06 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 05:06 |
| URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/10008 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

