Analisis Strategi Pemasaran Produk BSI Griya Pada Bank Syariah Indonesia KC Bogor Pajajaran Sukasari.

Afiah, Afiah and Salmah, Salmah and Patra, Eka (2025) Analisis Strategi Pemasaran Produk BSI Griya Pada Bank Syariah Indonesia KC Bogor Pajajaran Sukasari. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

AFIAH. 021121197. Analisis Strategi Pemasaran Produk BSI Griya Pada Bank Syariah Indonesia KC Bogor Pajajaran Sukasari. Di bawah bimbingan: SALMAH dan EKA PATRA. 2025. Adanya penurunan jumlah nasabah produk BSI Griya dalam dua tahun terakhir menjadi latar belakang tugas akhir ini. Dalam menghadapi persaingan yang ketat baik dari bank konvensional maupun lembaga keuangan digital, BSI dituntut untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif agar dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah. Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk BSI Griya pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Bogor Pajajaran Sukasari. BSI Griya merupakan produk pembiayaan kepemilikan rumah yang ditawarkan berdasarkan prinsip syariah, dengan skema akad murabahah, musyarakah mutanaqisah, dan ijarah. Tugas akhir ini dilatarbelakangi oleh persaingan ketat dalam industri pembiayaan perumahan antara bank konvensional lain, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar produk tetap kompetitif. Tugas akhir ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Fokus analisis terletak pada implementasi bauran pemasaran (marketing mix) 7P yang meliputi produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Hasil tugas akhir menunjukkan bahwa meskipun secara umum strategi pemasaran BSI Griya telah diterapkan sesuai prinsip pemasaran jasa, namun masih terdapat kelemahan pada indikator produk, harga, promosi, dan orang (sumber daya manusia) yang perlu segera diatasi melalui strategi pemasaran yang lebih inovatif dan adaptif. Rekomendasi dari tugas akhir ini antara lain adalah edukasi syariah yang interaktif dan modern, penguatan digital marketing pelatihan SDM dengan fokus pada soft skill & digital literacy. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, BSI Griya, Bank Syariah Indonesia, Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 05 Nov 2025 02:18
Last Modified: 05 Nov 2025 02:18
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/10196

Actions (login required)

View Item View Item