Pengaruh Promosi Sosial Media Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Minuman Kopi Pada Brand Kopi Kekinian Di Kota Bogor

Nabila, Putri and Yudha, Aditya Prima and Salmah, Salmah (2025) Pengaruh Promosi Sosial Media Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Minuman Kopi Pada Brand Kopi Kekinian Di Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

PUTRI NABILA. 021121173. Pengaruh Promosi Sosial Media Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Minuman Kopi Pada Brand Kopi Kekinian Di Kota Bogor. di bawah bimbingan: ADITYA PRIMA YUDHA dan SALMAH. 2025. Perkembangan teknologi dan penggunaan media sosial sebagai media promosi sudah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis untuk menjadi alat atau media menjual produk secara menarik dan efektif, kondisi tersebut dapat menarik perhatian konsumen yang berujung pada minat beli. Industri makanan dan minuman saat ini banyak yang menggunakan media sosial sebagai alat promosi, salah satunya brand kopi kekinian. Dengan tingginya konsumsi kopi di Indonesia dan meningkatnya coffeshop kekinian saat ini mendorong keterlibatan brand kopi dan platform digital sebagai sarana promosi. Oleh karena itu promosi sosial media dan Brand Image merupakan cara yang dilakukan oleh para pelaku bisnis brand kopi lokal untuk bersaing di pasaran. Banyaknya brand kopi kekinian saat ini membuat para pelaku bisnis kopi berlomba-lomba dalam meningkatkan Brand Image perusahaan untuk bersaing, dengan meningkatkan popularitas dan rating agar memicu munculnya minat beli pada bedak konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif, dengan responden konsumen brand kopi kekinian di kota Bogor yang juga pengikut akun media sosial Brand kopi kekinian. Pemilihan responden dilakukan dengan metode non probability sampling, yakni teknik purposive sampling dengan total 97 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Lemeshow. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan pengumpulan data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif serta analisis SEM-PLS 4. Hasil dari penelitian ini adalah Promosi Sosial Media terhadap Minat Beli tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan, dengan nilai P-value 0,108 merupakan hasil di atas 0,05. Sementara itu, Brand Image terhadap Minat Beli memiliki pengaruh positif dan signifikan. Maka dengan demikian variabel Brand Image berpengaruh terhadap Minat Beli konsumen dengan melihat hasil P-value pada uji hipotesis SEM-PLS dengan nilai 0,00 merupakan nilai di bawah 0,05. Kata kunci : Promosi Sosial Media, Brand Image, Minat Beli, SEM-PLS 4, Brand Kopi Kekinian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 01 Dec 2025 08:33
Last Modified: 01 Dec 2025 08:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/10256

Actions (login required)

View Item View Item