Mimadiwa, Manggenggarati (2024) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMAN 1 Ciomas. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
|
Text
SKRIPSI MIMADIWA MANGENGGARATI BURNING-1-155.pdf Download (3MB) |
Abstract
Mimadiwa Mangenggarati. 032120039. penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ciomas. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Ruyatul Hilal M., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciomas, serta mengetahui kendala dalam menulis teks anekdot siswa. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dibagi menjadi dua yaitu prates dan pascates. Teknik nontes yaitu angket dan observasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciomas, melalui penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok, sedangkan teknik nontes yaitu angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa saat menulis teks anekdot menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 11 kelas yang berjumlah 394 siswa. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa yaitu kelas X-6 berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X-10 berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama terbukti kebenarannya, penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok dapat meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 52,21 pada saat prates meningkat menjadi 70,42 pada saat pascates. Sedangkan di kelas kontrol rata-rata prates yaitu 47,64 dan nilai pascates kelas kontrol yaitu 60,5. Berdasarkan hasil perbandingan mean dengan menggunakan t-tes, diperoleh thitung = 2,79 dan hasil d.b = 68. Nilai d.b = 68 di dalam ttabel taraf signifikan 1% yaitu 2,38 dan ttabel taraf signifikan 5% yaitu 1,66. Dengan demikian, thitung lebih besar daripada ttabel karena nilai ttabel< thitung yaitu 2,381,66. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan antara hasil pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil angket menunjukkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciomas, 66% siswa mengalami kendala ketika memilih kalimat efektif, 63% siswa mengalami kendala ketika menulis kata yang tepat, dan 49% siswa mengalami kendala dalam memahami isi video TikTok yang diberikan. Dengan demikian, media TikTok dapat meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot meskipun siswa masih mengalami kendala. Kata Kunci: keterampilan menulis, teks anekdot, aplikasi TikTok
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA |
| Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
| Date Deposited: | 15 Sep 2025 07:25 |
| Last Modified: | 15 Sep 2025 07:25 |
| URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

