Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Vlll SMP Negeri 2 Ciomas Bogor.

Adinda, Suci Permata Ardiantini Puteri (2023) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Vlll SMP Negeri 2 Ciomas Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Adinda Suci Permata 032119022.pdf

Download (888kB)

Abstract

Adinda Suci Permata Ardiantini Puteri: Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII Smp Negeri 2 Ciomas, Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2023. Keterampilan berbicara merupakan kemampuan menyampaikan suatu ide, pikiran, dan segala macam bentuk gagasan secara lisan dengan penyampaian yang baik dan mudah dipahami oleh orang lain. Kemampuan berbicara perlu dilatih secara rutin untuk menjadikannya sebagai suatu keterampilan sehingga sampai saat ini masih rendahnaya keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran. Perlunya pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk melatih dan membentuk keterampilan berbicara peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ciomas Bogor dalam meningkatkan keterampilan berbicara khususnya pada materi teks berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik random sampling yaitu menjadi dua kelas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan pada tiga pertemuan yaitu pemberian pretest, pemberian perlakuan¸dan posttest. pada kelas eksperimen perlakuan yang diberikan yaitu menggunakan media berbasis aplikasi TikTok dalam mengomunikasikan teks berita. Hipotesis pertama yaitu penerapan aplikasi TikTok dapat meningkatkan keterampilan berbicara khususnya dalam mengomunikasikan teks berita terbukti berhasil dan dapat diuji kebenarannya. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean menggunakan rumus t-test, diperoleh nilai thitung = 6,41 sedangkan tt (ttabel) =2,66 dan 1,67 maka to (thitung) lebih besar dari tt (ttabel) dari taraf signifikan 1% maupun 5% sehingga hasilnya dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Kemudian, hipotesis kedua dapat diterima kebenarannya dengan 30 siswa menyatakan mengalami kendala dalam mengomunikasikan teks berita, namun dapat terselesaikan dengan penerapan aplikasi TikTok. Sebanyak 27 siswa dengan persentase 84% menganggap aplikasi TikTok dapat meningkatkan keterampilan mengomunikasikan teks berita. Siswa juga tidak memiliki kendala dalam penerapan aplikasi TikTok dalam pembelajaran teks berita yaitu dibuktikan dengan 29 siswa dengan persentase 91% merasa penerapan aplikasi TikTok membantu siswa dalam mengomunikasikan teks berita. Kata kunci: keterampilan berbicara, teks berita, aplikasi TikTok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 08 Oct 2025 04:49
Last Modified: 08 Oct 2025 04:49
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9949

Actions (login required)

View Item View Item