ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK HIPERAKTIF Studi kasus ini dengan pendekatan kualitatif di kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Kukupu 2 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020

Triyani, Indah ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK HIPERAKTIF Studi kasus ini dengan pendekatan kualitatif di kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Kukupu 2 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Indah Triyani 037115086.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (86kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Indah Triyani 037115086. Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Hiperaktif. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Metode penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan pada gaya belajar dan karakteristik peserta didik hiperaktif di Sekolah Dasar Negeri Kukupu 2 Kota Bogor. Subjek penelitian adalah salah satu peserta didik hiperaktif kelas II-C di SDN Kukupu 2 Kota Bogor pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) gaya belajar peserta didik hiperaktif menunjukan kombinasi dari tiga gaya belajar, tetapi lebih dominan gaya belajar kinestetik yang mengandalkan gerakan dalam belajar. seperti : a) selalu berjalan-jalan, b) senang bergerak kesana-kemari, c) berbicara dengan perlahan, d) menyukai kegiatan fisik, e) sulit untuk duduk diam dalam waktu yang lama, f) menyukai permainan yang menyibukan, g) ingin melakukan segala sesuatu, h) tulisan kurang rapi. 2) Karakteristik peserta didik hiperaktif yang ditunjukan di kelas pada saat proses pembelajaran terlihat seperti : a) merasa kesulitan melaksanakan tugas sekolah yang di sebabkan kurangnya perhatian atau fokus pada saat pembelajaran, b) selalu salah dalam melakukan kegiatan atau tugas-tugas sekolah, c) selalu menghindar atau tidak menyukai tugas-tugas yang memerlukan banyak kegiatan mental, d) sering lupa, e) sangat mudah bingung, dan f) sering kehilangan barang barang yang penting untuk melaksanakan tugas-tugas sekolahnya. Kata Kunci : Gaya Belajar dan Pesera Didik Hiperaktif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:48
Last Modified: 02 Nov 2022 03:39
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5920

Actions (login required)

View Item View Item