HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN KREATIVITAS SISWA Studi Korelasional pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Leuweungkolot 01 Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Sandi, Ferdina Ari (2019) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN KREATIVITAS SISWA Studi Korelasional pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Leuweungkolot 01 Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
1. Cover skripsi.pdf

Download (31kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
10. bab I .pdf

Download (116kB)
[img] Text
11. BAB II .pdf

Download (323kB)
[img] Text
12. bab III .pdf

Download (264kB)
[img] Text
13. bab iv.pdf

Download (265kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (61kB)

Abstract

Ferdina Ari Sandi. 037114367. Hubungan Antara Minat Belajar dengan Kreativitas Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan kreativitas siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel minat belajar dan variabel kreativitas siswa. Uji validitas minat belajar dan variabel kreativitas siswa menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B Sekolah Dasar Negeri Leuweungkolot 01 Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor berjumlah 100 siswa. Sampel yang diambil 50 siswa, diperoleh menggunakan rumus Slovin. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan antara antara minat belajar dengan kreativitas siswa. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 55.636 + 0.4643X, dengan harga Fhitung sebesar 40,99 lebih besar dari Ftabel dengan taraf 0,05 sebesar 4,04 dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 46%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara minat belajar dengan kreativitas siswa pada siswa kelas V A dan V B Sekolah Dasar Negeri Leuweungkolot 01 Semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Jadi untuk meningkatkan kreativitas siswa dibutuhkan minat belajar yang baik. Kata Kunci : Minat Belajar dan Kreativitas Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:32
Last Modified: 11 Nov 2022 01:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6027

Actions (login required)

View Item View Item