Sari, Fitri Indah (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 ini dengan Penelitian Eksperimen Quasi pada Siswa kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Cikaret 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Coveerrrr fitri.docx Download (51kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (249kB) |
|
Text
abstrak revisi sidang.docx Download (18kB) |
|
Text
bab I fitri revisi sidang.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II revisian sidang.docx Download (77kB) |
|
Text
BAB III revisian sidang.docx Download (62kB) |
|
Text
bab IV revisi sidang.docx Download (139kB) |
|
Text
BAB V revisian sidang.docx Download (21kB) |
Abstract
Fitri Indah Sari, 037115123. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal dan Campuran melalui Model Pembelajaran Project Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas V-A, V-B, dan V-C Sekolah Dasar Negeri Cikaret 01 Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Peneliti ini adalah penelitian Eksperimen Quasi Desain Tiga Grup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Subtema Benda Tunggal dan Campuran melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (Kelas Eksperimen I), Model Pembelajaran Discovery Learning (Kelas Eksperimen II), dan Model Konvensional (Kelas Kontrol). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cikaret 01 Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor kelas V-A,V-B, dan V-C pada bulan Mei , Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t maka: 1. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema Benda Tunggal dan Campuran melaui model pembelajaran project based learning memperoleh rata-rata nilai N-Gain 72,63 dan melalui model pembelajaran konvensional mendapat rata-rata nilai N-Gain sebesar 52,67. 2. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema Benda Tunggal dan Campuran melalui model pembelajaran discovery learning memperoleh rata-rata nilai N-Gain 61 dan model pembelajaran konvensional mendapat rata-rata nilai N-Gain sebesar 52,67. 3. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema Benda Tunggal dan Campuran melalui model pembelajaran project based learning memperoleh rata-rata nilai N-Gain 72,63 dan model pembelajaran discovery learning mendapat rata-rata nilai N-Gain 61 Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar subtema Benda Tunggal dan Campuran melalui model pembelajaran project based learning dan model pembelajaran discovery learning, dan yang paling efektif adalah model pembelajaran project based learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 02:17 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 02:17 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6066 |
Actions (login required)
View Item |