PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi ini Dilakukan Dengan Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Katulampa 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Ramadan, Muhamad Sudrajat (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi ini Dilakukan Dengan Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Katulampa 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
COVER.docx

Download (70kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI GOOO!!.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (74kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (110kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

Muhamad Sudrajat Ramadan NPM 037113028. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV Sekolah Dasar Negeri Katulampa 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan, Bogor 2018. Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share, Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Katulampa 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor sebanyak 30 siswa dengan komposisi laki-laki 22 siswa dan perempuan 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar menunjukan adanya peningkatan yaitu pada siklus I memperoleh nilai 66,8 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 60% dan pada siklus II memperoleh nilai 91,4 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 87%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Katulampa 1 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Selain itu model pembelajaran Think pair Share dapat meningkatkan aktivitas serta keterampilan siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, TPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:18
Last Modified: 11 Nov 2022 02:18
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6083

Actions (login required)

View Item View Item