PENGARUH PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU TEMA 7 INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup pada Peserta Didik Kelas IV A dan IV B di Sekolah Dasar Negeri Ciriung 02 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Pratama, Andreas Rengga Septa and Badruzzaman, Nedin and Handayani, Rukmini (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU TEMA 7 INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup pada Peserta Didik Kelas IV A dan IV B di Sekolah Dasar Negeri Ciriung 02 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
0. cover andreas.docx

Download (33kB)
[img] Text
1. lembar pengesahan andreas.docx

Download (17kB)
[img] Text
4. Abstrak Andreas (037115275).docx

Download (18kB)
[img] Text
7. revisi. BAB 1 Andreas (037115275).docx

Download (31kB)
[img] Text
8. revisi. BAB 2 Andreas (037115275).docx

Download (55kB)
[img] Text
9. revisi. BAB 3 Andreas (037115275).docx

Download (453kB)
[img] Text
10. revisi. BAB 4 Andreas (037115275).docx

Download (123kB)
[img] Text
11. revisi. BAB 5 Andreas (037115275).docx

Download (25kB)

Abstract

Andreas Rengga Septa Pratama. 037115275. Pengaruh Penerapan Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Tema 7 Indahnya Keberagaman Di Negeriku. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2022. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema indahnya keragaman budaya negeriku melalui model inquiry learning dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciriung 02 Kabupaten Bogor kelas IVA dan IVB pada bulan Maret semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pada uji normalitas kedua sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung ≤ Ltabel. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai x^2hitung sebesar 1,128 ≤ x^2tabel 3,841, maka: Terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku melalui model pembelajaran Inquiry Learning diperoleh nilai N-Gain 54 dengan ketuntasan hasil belajar 96,43% dan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai N-gain 36,79 dengan ketuntasan hasil belajar 71,43 %. Serta hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (9,318) > ttabel (2,00488). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku melalui model Inquiry Learning dan model pembelajaran konvensional, serta model pembelajaran yang paling efektif adalah model Inquiry Learning. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Inquiry Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:50
Last Modified: 11 Nov 2022 02:51
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6114

Actions (login required)

View Item View Item