PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Penelitian Kausal pada Kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Savitri, Tiara (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Penelitian Kausal pada Kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
COVER.docx

Download (72kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI dan SEGALA MACAMNYA.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (175kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (78kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)

Abstract

Tiara Savitri. 037114001. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Metode Resign dalam penelitian ini menggunakan metode survey. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel Media Animasi dan hasil belajar matematika. Uji validitas instrumen hasil belajar siswa dihitung menggunakan koefisien Korelasi Point Biserial dan instrumen media animasi dihitung menggunakan rumus Product Moment Pearson. Untuk uji reliabilitas variabel hasil belajar dihitung menggunakan rumus Kuder Richardson (KR-20) dan variabel media animasi dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 108 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 52 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,61 dan diperoleh thitung sebesar 5,46. Ini menunjukan adanya pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,37 atau sebesar 37%. Hal ini berarti nilai hasil belajar siswa sebesar 37% ditentukan oleh pengelolaan kelas, melalui persamaan regresi Ŷ = 3,24+0,89X Sisanya sebanyak 63% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara media animasi terhadap hasil belajar siswa. Hal ini menunjukan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa harus memperhatikan penggunaan media animasi. Kata kunci : Media Animasi, Hasil Belajar Siswa, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 06:28
Last Modified: 11 Nov 2022 06:28
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6118

Actions (login required)

View Item View Item