PENGARUH PERSEPSI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Padurenan Jaya Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Suryani, Liris (2018) PENGARUH PERSEPSI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Padurenan Jaya Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
COVER.docx

Download (69kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Liris Suryani. 037114352. Pengaruh Persepsi Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan peneliatian kuantitatif asosiatif dengan jenis pendekatan kausal yang terdiri dari persepsi kecerdasan logis matematis sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif antara persepsi kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Padurenan Jaya Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor yang terdiri dari 41 sampel responden. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian ini berupa metode angket dan soal pilihan ganda. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang Persepsi Kecerdasan Logis Matematis dan soal pilihan ganda digunakan untuk mengumpulkan data Hasil Belajar Matematika. Uji validitas instrumen persepsi kecerdasan logis matematis menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan uji validitas instrumen hasil belajar matematika menggunakan rumus Point Biserial dan uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson, kemudian uji tingkat kesukaran butir soal dan menghitung daya pembeda tiap butir soal. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,95 dengan koefisien determinasi sebesar 90,25%. Hal ini berarti nilai persepsi kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika sebesar 90,25% melalui persamaan regresi Y ̂=(−49,677+1,037X). Persyaratan uji hipotesis statistik; H0:ρy=0 (tidak terdapat pengaruh antara persepsi kecerdasan logis matematis (X) terhadap hasil belajar matematika (Y)); Hα:ρy>0 (terdapat pengaruh antara persepsi kecerdasan logis matematis (X) terhadap hasil belajar matematika (Y)). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci : persepsi kecerdasan logis matematis dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:16
Last Modified: 15 Nov 2022 04:16
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6154

Actions (login required)

View Item View Item