HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN DISIPLIN SISWA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Korelasi pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Nur Fazriana, Siti (2019) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN DISIPLIN SISWA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Korelasi pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
1. COVER (1).docx

Download (81kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
7. BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
8. BAB II.docx

Download (40kB)
[img] Text
9. BAB III.docx

Download (52kB)
[img] Text
10. BAB IV.docx

Download (93kB)
[img] Text
11. BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Nur Fazriana 037115003. Hubungan Interaksi Sosial dengan Disiplin Sisiwa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan interaksi sosial dengan disiplin siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Kota Bogor yang berjumlah 79 siswa. Sampel yang diambil 45 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Uji validitas instrumen interaksi sosial dan disiplin dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan interaksi sosial dengan disiplin siswa. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 44,2+0,78X, Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,84. Sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,71 atau sebesar 71%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana interaksi soial dengan disiplin siswa menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 44,2 + 0,78x, yang berarti setiap kenaikan unit interaksi sosial menyebabkan kenaikan disiplin siswa 0,78 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara interaksi sosial dengan disiplin siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Kota Bogor tahun pelajaran 2018/2019. . Kata kunci: Interaksi sosial, Disiplin Siswa. ABSTRACT Siti Nur Fazriana 037115003. Relationship of Social Interaction with Student Discipline. Thesis Teacher Education Study Program Elementary School Faculty of Teacher Training and Education, Pakuan Univercity Bogor 2019. The purpose of this research is to know the context of social interaction with student discipline. The population in this study were fifth grade students of Cibeureum 4 Public Elementary School in Bogor City, amounting to 79 students. Samples taken 45 students were obtained using the Taro Yamane formula. The validity test of the instrument of social interaction and discipline is calculated using the Pearson Product Moment Correlation Coefficient formula and the reliability coefficient is calculated using the Cronbach Alpha formula. Tests for analysis prerequisites in the form of a normality test (Liliefors). After the normality test, homogeneity (Fisher) was tested. Data that has been declared normal and homogeneous is used to test hypotheses whose results show there is a relationship of social interaction with student discipline. The results of this study are indicated by statistical analysis that produces a correlation coefficient (rxy) of 0.84. While the coefficient of determination (r2) is 0.71 or 71%. Regression analysis techniques and simple correlations of soial interactions with student discipline produce a relationship model expressed in the form of a regression equation, namely Ŷ = 44.2 + 0.78x, which means that each increase in social interaction units causes an increase in student discipline of 0.78 units. Based on the results of the above research, it can be concluded that there is a positive relationship between social interaction with the discipline of fifth grade students at Cibeureum 4 Elementary School, Bogor City 2018/2019 academic year. Keywords: Social Interaction, Student Discipline.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:45
Last Modified: 18 Nov 2022 01:45
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6200

Actions (login required)

View Item View Item