PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Studi dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Cihideung Ilir Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Anggraeni, Yuni (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Studi dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Cihideung Ilir Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
1 COVER UNIV.docx

Download (387kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
11 BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
12 BAB II.docx

Download (75kB)
[img] Text
13 BAB III.docx

Download (80kB)
[img] Text
14 BAB IV.docx

Download (266kB)
[img] Text
15 BAB V.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Yuni Anggraeni, 037114304 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Cihideung Ilir. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2018. Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan bermain drama mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V melalui penerapan model pembelajaran kooperatif role playing. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V B Sekolah Dasar Negeri 04 Cihideung Ilir sebanyak 36 siswa dengan komposisi perempuan 14 siswa dan laki-laki 22 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kemampuan bermain drama siklus pertama nilai 72,5 dengan ketuntasan belajar sebesar 56%. Sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 89 dengan ketuntasan 89% terjadi peningkatan kemampuan bermain drama siswa. Begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada partisipasi dan aktivitas siswa dengan memperoleh nilai pada siklus pertama 67, sedangkan siklus kedua memperoleh 85,5. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif role playing dapat meningkatkan kemampuan bermain drama mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 04 Cihideung Ilir. Selain itu, penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan kualitas guru dan partisipasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Role Playing, Kemampuan Bermain Drama, Bahasa Indonesia,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 19 Nov 2022 01:32
Last Modified: 19 Nov 2022 01:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6216

Actions (login required)

View Item View Item