PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Warungkiara Kabupaten Sukabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Permatasari, Ayu Indah (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Warungkiara Kabupaten Sukabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
cover SkripsiAy.pdf

Download (11kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI neww.pdf

Download (86kB)
[img] Text
i-xviiiay new.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Bab 2 ay.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Bab 3 ay.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV Ay.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB V ay.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA asas.pdf

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Ayu Indah Permatasari, NPM 037113040. Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 03 Warungkiara Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi. Skripsi Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2017.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 03 Warungkiara Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Warungkiara sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan proses pelaksanaan pembelajaran siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 70 maka interpretasinya cukup. Kualitas pembelajaran siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 86 dengan interpretasi baik. Pada kualitas pembelajaran meningkat sebesar 16% telah mencapai KKM 75 dengan indikator keberhasilan 85%. Pada nilai rata-rata peningkatan perubahan perilaku siswa siklus I yaitu 69 dan pada siklus II nilai perubahan peningkatan perubahan perilaku siswa meningkat yaitu 85 dengan interpretasi baik. Kemudian ketuntasan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siklus I memperoleh nilai rata-rata yaitu 63 dengan ketuntasan hasil belajar 45% belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, kemudian harus dilakukan peningkatan pada siklus II dan mengalami peningkatan sebanyak 41% pada siklus II memperoleh nilai rata-rata yaitu 86 dengan ketuntasan belajar menjadi 86% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal.Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 03 Warungkiara Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi. Selain itu, model pembelajaran kooperatif Make A Match dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir siswa dalam proses pembelajaran dilakukan. Kata kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 01:55
Last Modified: 25 Mar 2023 01:55
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6256

Actions (login required)

View Item View Item