ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS VIII SMP NEGERI 2 CIOMAS KABUPATEN BOGOR

Jannah, Annisa Nurul and Mahajani, Tri and Mubarock, Wildan Fauzi (2020) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS VIII SMP NEGERI 2 CIOMAS KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PBSI ANNISA NURUL JANNAH.pdf

Download (169kB)

Abstract

Annisa Nurul Jannah: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kelas VIII SMP Negeri 2 Ciomas Kabupaten Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dan untuk mengetahui kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery leraning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas VIII SMP Negeri 2 Ciomas Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dianalisis dan dideskripsikan dengan mengacu pada langkah dan sintak model discovery learning. Sebagai analisis pembanding, penulis menggunakan metode triangulasi untuk menguji keabsahan data. Penelitian dilakukan pada empat kali pertemuan yang terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Ketiga triangulator menyatakan bahwa hasil temuan data penelitian yang penulis dapatkan sudah memenuhi langkah dan sintak model discovery learning. Dengan demikian, mereka menyetujui hasil temuan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil analisis model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas VIII SMP Negeri 2 Ciomas Kabupaten Bogorterdapat langkah-langkah model discovery learning. Pertama stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan), kedua problem statement (pernyataan atau identifikasi masalah), ketiga data collection (pengumpulan data), keempat data processing (pengolahan data), kelima verification (pembuktian), keenam generalization (menarik kesimpulan atau generalisasi), ketujuh penilaian pada model discovery learning. Dari hasil analisis langkah stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan) ditemukan 5 kutipan, problem statement (pernyataan atau identifikasi masalah) 4 kutipan, data collection (pengumpulan data) 8 kutipan, data processing (pengolahan data) 5 kutipan, verification (pembuktian) 4 kutipan, generalization (menarik kesimpulan atau generalisasi) 4 kutipan, penilaian pada model discovery learning 4 kutipan. Keseluruhan dari hasil temuan terdapat 34 data. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih model pembelajaran discovery learning. Kata kunci : Model discovery learning, rencana pelaksanaan pembelajaran, teks eksplanasi, kualitatif, dan triangulator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 15:11
Last Modified: 20 Sep 2022 04:01
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2797

Actions (login required)

View Item View Item