PENGUASAAN DIKSI DENGAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP TARUNA TERPADU BOGOR.

Jauharah, Resti Laila and Rosdiana, Rina and Suhendra (2019) PENGUASAAN DIKSI DENGAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP TARUNA TERPADU BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019PBSI RESTI L.pdf

Download (119kB)

Abstract

ABSTRAK Resti Laila Jauharah: Hubungan Antara Penguasaan Diksi denganKeterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Taruna Terpadu Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara penguasaan diksi dengan keterampilan menulis puisi siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Taruna Terpadu Bogor, dengan jumlah sampel 40 siswa yang diambil dari tiga kelas, yaitu VIII-A, VIII-B, VIII-I, VIII-J. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan quota random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes penguasaan diksi dan keterampilan menulis puisi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment(pearson). Penguasaan diksi pada siswa kelas VIII SMP Taruna Terpadu Bogor diperoleh nilai rata-rata sebesar 72, dan keterampilan menulispuisi pada siswa kelas VIII SMP Taruna Terpadu Bogor dengan nilai rata-rata sebesar 71. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif antara penguasaan diksi dengan keterampilan menulis puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi penguasaan diksi pada keterampilan menulis puisi sebesar 0,784 atau dalam taraf kuat. Berdasarkan koefisien korelasi teoretik/tabel yang terdapat pada tabel korelasi product moment diperoleh keterangan bahwa taraf signifikan 5% menujukkan 0,312 dan taraf signifikan 1% menunjukkan 0,403 bahwa rt (5% = 0,312) < (rxy = 0,784) > rt (1% = 0,403) n=40. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara penguasaan diksi (X) dengan keterampilan menulis (Y) baik pada taraf 5% maupun 1%, Hₐ diterima, dan H˳ ditolak. Dengan kata lain, 78,4% penguasaan diksi memberi kontribusi terhadap keterampilan menulis puisi, sedangkan 21,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Kata kunci: Penguasaan Diksi, Menulis, Puisi,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 15:14
Last Modified: 19 Sep 2022 02:23
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2815

Actions (login required)

View Item View Item