PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Karadenan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

ALZENA, TRIA and Muhajang, Tatang and Sundari, Fitri Siti (2020) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Karadenan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD TRIA ALZENA.pdf

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kausal yang terdiri dari kemampuan berpikir kritis siswa sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2020. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa dengan cara mengetahui pengaruh antara kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar matematika. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel kemampuan berpikir kritis dan soal pilihan ganda untuk hasil belajar matematika. Uji validitas kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A, V-B dan V-C Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor berjumlah 91 siswa. Sampel yang diambil 48 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar matematika, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,63 dan diperoleh thitung 5,474, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,39 atau sebesar 39%. Hal ini berrarti hasil belajar matematika sebesar 39% ditentukan oleh kemampuan berpikir kritis siswa, melalui persamaan regresi Ŷ=4,04 + 0,71X, sisanya sebanyak 61% ditentukan oleh faktor lain, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar matematika kelas V-A, V-B dan V-C Sekolah Dasar Negeri Karadenan Semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini menunjukan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar matematika maka harus mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa tersebut. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Hasil Belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:25
Last Modified: 19 Sep 2022 02:40
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item View Item