KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII DI SMP PGRI CIKEMBAR KABUPATEN SUKABUMI

Pratiwi, Aulia Intan and Suhendra and Talitha, Stella (2019) KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII DI SMP PGRI CIKEMBAR KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019PBSI AULIA I.pdf

Download (274kB)

Abstract

ABSTRAK Aulia Intan Pratiwi: “Keefektifan Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi pada Siswa Kelas VII di SMP PGRI Cikembar Kabupaten Sukabumi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP PGRI Cikembar Kabupaten Sukabumi melalui penerapan model mind mapping serta mengetahui kendala yang dialami siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP PGRI Cikembar Kabupaten Sukabumi. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP PGRI Cikembar Kabupaten Sukabumi dapat teruji kebenarannya, dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 56,3 berada pada tingkat penguasaan kurang mampu, sedangkan hasil pascates nilai rata-rata kelas eksperimen 79,1 dengan tingkat penguasaan mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh harga t0= 2,94 dan d.b. = 58 dan diperoleh harga to 0,99 = 2,39 dan harga to 0,05 = 1,67. Dengan demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung yaitu 1,67 < 2,94 > 2,39. Hipotesis kedua, yaitu hampir sepenuhnya siswa mengalami kendala dalam menulis teks narasi terbukti kebenarannya, dibuktikan dengan adanya kendala siswa dari hasil analisis angket sebanyak 67% siswa mengalami kendala dalam menyusun kalimat orientasi dalam menulis teks narasi. Kemudian 43% mengalami kendala menyusun kosakata teks narasi. Dengan demikian, penerapan model mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP PGRI Cikembar Kabupaten Sukabumi, meskipun siswa masih mengalami kendala. Kata Kunci: keterampilan menulis, teks narasi, model mind mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:07
Last Modified: 19 Sep 2022 02:43
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3047

Actions (login required)

View Item View Item