HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Korelasi di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.

Rosdiana, Ica Bela and Patras, Yuyun Elizabeth and Windiyani, Tustiyana (2020) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Korelasi di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD ICA BELA.pdf

Download (129kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang terdiri dari konsep diri sebagai variabel bebas dan interaksi sosial sebagai variabel terikat. Hubungan konsep diri dengan interaksi sosial pada siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2020. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan interaksi sosial pada siswa dengan cara mengetahui hubungan positif antara konsep diri dengan interaksi sosial pada siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel interaksi sosial dan variabel konsep diri. Uji validitas konsep diri dan inteaksi sosial menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor yang berjumlah 52 siswa. Sampel yang diambil 34 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan antara konsep diri dengan interaksi sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan konsep diri dengan interaksi sosial pada siswa ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,466 dan diperoleh thitung 2,95, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,0894. Hal ini berrarti interaksi sosial ditentukan oleh konsep diri, melalui persamaan regresi Ŷ= 58,34 + 0,48X1, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan interaksi sosial kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Genap tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Konsep Diri dan Interaksi SosiaL

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:39
Last Modified: 19 Sep 2022 03:03
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3395

Actions (login required)

View Item View Item