Trisnawati, Iin and Hidayat, Nandang and Kurniasih, Surti (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2019 P BIO Iin Trisnawati.pdf Download (129kB) |
Abstract
IIN TRISNAWATI. 036114077. Pengembangan LembarKerjaSiswa Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd, dan Dr. Surti Kurniasih, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produkLembarKerjaSiswa (LKS) berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Berdasarkan analisis Lembar Kerja Siswa (LKS), ditemukan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang digunakan hanya sedikit dikaitkan dengan kehidupan keseharian siswa. Kemudian, hasil belajar siswa yang masih kurang dari KKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiandan pengembanganatauResearch and Development (R&D) dengan model 4-D. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret hingga Desember 2018. Sasaranpenelitian adalah siswa kelas XMIPA 4 di SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Bogor tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 32 orang siswa.Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap uji coba terbatasmenggunakandesainpenelitianone group pretest-postest. Teknik pengumpulan data yaitu dengan validasi LKS oleh 3 ahli, penilaian hasil belajar dengan memberikan soal pilihan ganda, dan respon siswa terhadap LKS. LKS yang sudah valid di uji coba secara terbatas di kelas X. Data hasil validasi ahli memperoleh nilai diatas 79% dengan kategori validdantidakperlurevisi. Pencapaian hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata N-Gain 0,39% termasuk dalamkategori sedang dan respon siswa terhadap LKS memiliki nilai rata-rata diatas 80% termasuk dalam katagori sangat baik. Kata Kunci:LembarKerjaSiswa (LKS), PembelajaranKontekstual, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 02:34 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 03:22 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3559 |
Actions (login required)
View Item |