Miranti and Mahajani, Tri and Nurjaman, Aam (2021) PENERAPAN TEKNIK SUPERIORITAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMAN 1 PALABUHANRATU KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2021 PBSI Miranti.pdf Download (153kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran teks anekdot pada siswa SMA. Peneliti ingin memasukkan teori berhumor dalam pembelajaran teks anekdot, sebab pada dasarnya anekdot adalah bagian dari humor. Teknik superioritas adalah salah satu teori klasik dalam menciptakan humor, selain dengan keganjilan dan pelepasan. Teknik superioritas menempatkan adanya pihak superior yang bisa dengan mudahnya menertawakan pihak inferior. Namun di sini, peneliti ingin kembali menegaskan bahwasanya menjadi pihak inferior pun bisa saja mengundang tawa. Ada dua tujuan dari penelitian ini: (1) untuk mengetahui penerapan teknik superioritas dalam meningkatkan keterampilan menulis anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi dan (2) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi siswa kelas X SMA Negeri 1 Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi dalam menulis teks anekdot melalui teknik superioritas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan dua kelas. Satu kelas eksperimen, dan satu kelas kontrol. Penelitian ini diujikan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Nilai rata-rata tes awal siswa pada kelas eksperimen adalah 57,7 sedangkan pada kelas kontrol adalah 49,8. Nilai tes akhir siswa pada kelas eksperimen adalah 76,7 sedangkan pada kelas kontrol adalah 60,7. Hasil dari uji-t diperoleh harga to = 2,92 dan db = 50 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,01 serta tt taraf signifikansi 1% 2,68. Apabila dituliskan menjadi 2,01<2,92>2,68. Hasil uji-t menunjukkan bahwa penerapan teknik superioritas berhasil meningkatkan keterampilan menulis teks cerita anekdot pada siswa kelas X SMAN 1 Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa teknik superioritas ini terbukti efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks anekdot.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 02:35 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 03:30 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3566 |
Actions (login required)
View Item |