PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUB TEMA ORGAN GERAK HEWAN Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup pada peserta didik kelas V-A dan V-B SD Negeri Pamoyanan 2 Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020

Muflihah, Siti and Anwar, Wawan Syahiril and Suchyadi, Yudhie (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUB TEMA ORGAN GERAK HEWAN Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup pada peserta didik kelas V-A dan V-B SD Negeri Pamoyanan 2 Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Siti M.pdf

Download (109kB)

Abstract

ABSTRAK Eva Lustiaini. 037115160. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar subtema Organ Gerak Hewan. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri Pamoyanan 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu.. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians dan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Penelitian ini terdapat hasil skor rata-rata N-Gain Model Discovery Learning sebesar 67, sedangkan skor rata-rata N-Gain Model Konvensional sebesar 45. Dilanjutkan dengan melakukan uji normalitas, kedua sampel berdistribusi normal karena nilai Lo hitung lebih kecil dari Ltabel. Kelas dengan model discovery learning diperoleh nilai Lo hitung 0,05 < Ltabel 0,14, dan kelas dengan model Konvensional diperoleh nilai Lo hitung 0,07 < Ltabel 0,13. Kemudian pada uji homogenitas varians diperoleh Fhitung 1,33 < Ftabel 1,66. Selanjutnya pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung 9,39127 > ttabel 1,98861, karena nilai thitung lebih besar dari ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ternyata terdapat pengaruh penerapan Model Discovery Learning terhadap hasil belajar subtema Organ Gerak Hewan pada peserta didik kelas V di SD Negeri Pamoyanan 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Discovery Laearning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:08
Last Modified: 19 Sep 2022 03:29
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3602

Actions (login required)

View Item View Item