PENGARUH EMPATI TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas III Sekolah Dasar Negeri Cilendek 01 Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2020-2021

RAHAYU, FIANY and Hidayat, Rais and Ghani, Resyi A (2021) PENGARUH EMPATI TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas III Sekolah Dasar Negeri Cilendek 01 Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021 PGSD FIANY.pdf

Download (61kB)

Abstract

Fiany Rahayu 037116148. Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Prososial Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor 2021.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh empati terhadap perilaku prososial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Cilendek 01 Kota Bogor yang berjumlah 73 siswa. Sampel yang diambil 42 siswa yang diperoleh dengan menggunakan instrumen angket untuk kedua variabel. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dengan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh empati terhadap perilaku prososial siswa kelas III. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ= 61,06 + 0,23x. Hasil penelitian ini ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) 0,93. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 86,49%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana empati dengan perilaku prososial siswa menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ= 61,06 + 0,23x yang berarti setiap kenaikan unit empati menyebabkan kenaikan perilaku prososial siswa sebesar 0,23 unit. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Empati dengan Perilaku Prososial Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Negeri Cilendek 01 Kota Bogor tahun pelajaran 2020/2021. Dengan temuan ini, maka perilaku prososial siswa dapat ditingkatkan salah satunya melalui perbaikan sikap empati. Kata kunci: Empati, Perilaku Prososial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:08
Last Modified: 19 Sep 2022 03:56
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3683

Actions (login required)

View Item View Item