PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 dengan penelitian kuantitatif kausal pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tarikolot 03 Jalan Industri Kecamatan Citeureup Kota Bogor

Handayani, Fitri and Budiana, Sandi and Muhajang, Tatang (2019) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 dengan penelitian kuantitatif kausal pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tarikolot 03 Jalan Industri Kecamatan Citeureup Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Fitri H.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Handayani, NPM. 037115250. Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri Tarikolot 03 Jalan Industri Kecamatan Citeureup Kota Bogor . Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pakuan Bogor 2019. Penelitian ini menggunakan studi Kausal yang terdiri dari Interaksi Sosial sebagai variabel bebas dan Motivasi Belajar Siswa sebagai variabel terikat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tarikolot 03 Jalan Industri Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor. Uji validitas instrument menggunakan rumus korelasi Person Product Moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian persyaratan analisis berupa uji normalitas (Liliefors) untuk variabel Interaksi Sosial terhadap Motivasi Belajar Siswa menunjukan bahwa Lhitung 0,0465 < Ltabel 0,1246 artinya kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Setelah uji normalitias kemudian dilakukan uji homogenitas menggunakan uji Fisher menunjukan bahwa Fhitung 1,114 < Ftabel 4,034 yang berarti kedua variabel dari populasi yang berdistribusi homogeny. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi dan korelasi sederhana, dimana kedua analisis tersebut menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan resregi Ŷ = 2,8 + 0,8x bersifat signifikan. Kekuatan pegaruh Interaksi Sosial siswa koefisien determinasi (KD) = 70% menunjukan bahwa rata-rata Motivasi Belajar Siswa ditentukan oleh Interaksi Sosial. Kemudian dilihat dari hasil perhitungan semua data H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut , dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Interaksi Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Kata Kunci : Interaksi Sosial, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:45
Last Modified: 19 Sep 2022 04:22
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3722

Actions (login required)

View Item View Item