PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Kota Bogor Semester Ganjil 2019/2020

Yuningsih, Risma and Sukmanasa, Elly and Windiyani, Tustiyana (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Kota Bogor Semester Ganjil 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Risma Y.pdf

Download (116kB)

Abstract

ABSTRAK Risma Yuningsih, 037115126. Perbedaan hasil belajar subtema manusia dan lingkungan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema manusia dan lingkungan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning dan model Konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen Quasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Kota Bogor pada kelas VA, Vb dan VC Semester Ganjil Tahun 2019/2020. Teknis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data yang meliputi uji normalitas galat data, uji homegenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning memperoleh nilai N-Gain 76 dengan ketuntasan hasil belajar 97,2%, dan model pembelajaran Discovery Learning memperoleh nilai N-Gain 70 dengan ketuntasan hasil belajar 88,6%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,352) > ttabel (1,99495). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar subtema manusia dan lingkungan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning. Model pembelajaran yang paling efektif pada subtema manusia dan lingkungan adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 11:36
Last Modified: 19 Sep 2022 04:19
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3756

Actions (login required)

View Item View Item