PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri Baros 3 Kecamatan Baros Kota Sukabumi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Febyshantika, Edwi and Patras, Yuyun Elizabeth and Sundari, Fitri Siti (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri Baros 3 Kecamatan Baros Kota Sukabumi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Erdwi F..pdf

Download (101kB)

Abstract

ABSTRAK Erdwi Febishantika. 037115131. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik dan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini adalah eksperimen quasi. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran komik, media pembelajaran video, dan media pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Baros 3 Kota Sukabumi Kelas IV. semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t.. maka: Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran komik terhadap hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman diperoleh nilai N-Gain 79, media pembelajaran video diperoleh nilai N-Gain 71 dan media pembelajaran konvensional diperoleh nilai N-Gain 59. Hasil pengujian hipotesis kelompok media pembelajaran komik dan media pembelajaran video menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2.87623) > ttabel (1,99773). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran komik dan media pembelajaran video, serta media pembelajaran paling efektif adalah media pembelajaran komik. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Pembelajaran Komik, dan Media Pembelajaran Video.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:23
Last Modified: 17 Sep 2022 03:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3843

Actions (login required)

View Item View Item