Nurparwati, Febryanti and NUGROHO, DAVID RIZAR and Alamsyah, Feri Ferdinan (2020) ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK KUALITAS LAYANAN DENGAN KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN NOMOR TUNGGAL PANGGILAN DARURAT 112 (KASUS PADA PROGRAM DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN KOTA BOGOR). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
CamScanner 08-31-2022 15.22.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini penulis mengangkat tema kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat dalam program layanan yang sedang dijalankan oleh Diskominfostandi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112, untuk megetahui kualitas Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112, untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pengguna Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112, serta untuk mengetahui bagaimana hubungan karakteristik pengguna layanan dan kualitas layanan dengan kepuasan pengguna layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 di Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif deskriptif, analisis dengan data dengan menggunakan metode-metode yang berhubungan dengan alat statistik, penguji hipotesis sampai kesimpulan. Sesuai dengan gejala yang dihadapi maka alat pengukur yang digunakan adalah skala nominal dan ordinal, dengan metode korelasional. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori integrasi informasi. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden pada masyarakat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan cara purposive sampling, pada teknik analisa data dengan menggunakan tabel persen dan frekuensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji korelasi dengan Rank Spearman untuk data bersifat ordinal dan Chi Square untuk data bersifat nominal. Pengolahan data menggunakan software SPSS 16.0 dan uji validitas menggunakan Tumus correlation moment pearson, Hasil uji validitas instrumen kuesioner dalam penelitian ini dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji hubungan antara variabel karakteristik pengguna layanan NTPD 112 X (jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendidikan) terhadap Y kepuasan pengguna layanan NTPD 112 (jasa yang diberikan dan kenyamanan atas jasa yang diberikan) dikatakan variabel tersebut tidak terdapat hubungan, selanjutnya hubungan antara variabel Xa kualitas pengguna layanan NTPD 112 (reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap Y kepuasan pengguna layanan NTPD 112 Gasa yang diberikan dan kenyamanan atas jasa yang diberikan) dikatakan terdapat hubungan nyata dan signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 02:25 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 02:25 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3864 |
Actions (login required)
View Item |