PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Komparatif Pada Peserta Didik Kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Bojongrangkas 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Aditya, Syahrizal and Anwar, Wawan Syahiril and Ghani, Resyi A (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Komparatif Pada Peserta Didik Kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Bojongrangkas 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD Syahrizal Aditya.pdf

Download (124kB)

Abstract

ABSTRAK Syahrizal Aditiya. 037115137. Perbedaan Hasil Belajar Pada Subtema Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku Melalui Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar pada subtema Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku melalui model discovery learning dan model problem based learning kelas IV-A dan IV-B di SD Negeri Bojongrangkas 01 tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen Komparatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A menggunakan model discovery learning dan kelas IV-B menggunakan model problem based learning. Istrumen penelitian berupa lembar soal. Lembaran soal digunakan untuk mengukur hasil belajar dengan menggunakan model discovery learning dan model problem based learning. Hasil dari uji normalitas galat data yang menggunakan model discovery learning yaitu Lhitung 0,109<Ltabel 0,138, sedangkan model problem based learning Lhitung 0,095<Ltabel 0,138, berarti sampel berasal dari populasi yang normal. Uji homogenitas varians memiliki kriteria dalam pengujian Ha diterima jika F2hitung≤ F2tabel pada tarat signifikan α= 0,05. Hasil dari penelitian dari uji homogenitas varians yaitu F2hitung 1,04≤ F2tabel 1,69 yang menyatakan homogen. Hasil N-Gain pada model discovery learning 68, sedangkan model problem based learning 55, terdapat nilai thitung 4,28406>ttabel 1,99006. Maka penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku melalui model discovery learning dan problem based learning di SDN Bojongrangkas 01, yaitu model discovery learning lebih efektif dari model problem based learning. Kata kunci: Perbedaan hasil belajar melalui model discovery learning dan model problem based learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:00
Last Modified: 20 Sep 2022 01:42
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4110

Actions (login required)

View Item View Item