PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Muhara 02 Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020

Septiana, Annisa and Sumardi and Anjaswuri (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Muhara 02 Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD ANNISA S.pdf

Download (104kB)

Abstract

Annisa Septiana. 037115040. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Manusia dan Lingkungan Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Muhara 02 pada kelas VA, VB, dan VC semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dari ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung < Ltabel. Pada uji homogenitas didapatkan nilai hitung (0,047) < tabel (5,991), dan dilakukan uji hipotesis melalui uji t dengan kesimpulan hasil penelitian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil penelitian pada subtema Manusia dan Lingkungan melalui model Discovery Learning terdapat perbedaan dengan nilai N-Gain 74,00 dan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai N-Gain 59,00. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema Manusia dan Lingkungan melalui model Problem Based Learning dengan nilai N-Gain 67,00 dan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai N-Gain 59,00. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema Manusia dan Lingkungan melalui model Discovery Learning dengan nilai N-Gain 74,00 dan model Problem Based Learning dengan nilai N-Gain 67,00. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar subtema Manusia dan Lingkungan melalui model Discovery Learning dan model Problem Based Learning. Model pembelajaran yang paling efektif adalah model Discovery Learning. Kata Kunci : Hasil Belajar Subtema Manusia dan Lingkungan, Model Discovery Learning, dan Model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:15
Last Modified: 16 Sep 2022 03:29
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4286

Actions (login required)

View Item View Item